Analisis Segmentasi Pengunjung Mall Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

Authors

  • Agus Wastia Tri Hadiwibowo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i2.473

Abstract

Pelanggan adalah individu/perusahaan yang menikmati hasil produksi barang atau jasa. Tiap pelanggan memiliki karakteristiknya tersendiri yang dapat berbeda dengan orang lain. Customer Segmentation adalah  pemisahan  pasar  menjadi  beberapa  kelompok  konsumen berbeda yang memiliki karakteristik serupa antara satu dengan yang lainnya. Segmentasi pasar merupakan cara yang efektif untuk mendefinisikan dan memenuhi kebutuhan pelanggan berdasarkan kebutuhan yang mereka perlukan. Teknik Pembelajaran Mesin Tanpa Supervisi K-Means Clustering Algorithm digunakan  untuk  melakukan  Analisis  Keranjang  Pasar.  Analisis Keranjang  Pasar  dilakukan  untuk  memprediksi  pelanggan  sasaran yang  dapat  dengan  mudah terkonvergensi, di antara semua pelanggan. Agar tim pemasaran dapat merencanakan strategi untuk memasarkan produk baru kepada konsumen sasaran yang sesuai dengan minat mereka.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hadiwibowo, A. W. T. (2023). Analisis Segmentasi Pengunjung Mall Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 6(2), 42–51. https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i2.473

Issue

Section

Articles