Analisis Segmentasi Pengunjung Mall Menggunakan Algoritma K-Means Clustering
DOI:
https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i2.473Abstract
Pelanggan adalah individu/perusahaan yang menikmati hasil produksi barang atau jasa. Tiap pelanggan memiliki karakteristiknya tersendiri yang dapat berbeda dengan orang lain. Customer Segmentation adalah pemisahan pasar menjadi beberapa kelompok konsumen berbeda yang memiliki karakteristik serupa antara satu dengan yang lainnya. Segmentasi pasar merupakan cara yang efektif untuk mendefinisikan dan memenuhi kebutuhan pelanggan berdasarkan kebutuhan yang mereka perlukan. Teknik Pembelajaran Mesin Tanpa Supervisi K-Means Clustering Algorithm digunakan untuk melakukan Analisis Keranjang Pasar. Analisis Keranjang Pasar dilakukan untuk memprediksi pelanggan sasaran yang dapat dengan mudah terkonvergensi, di antara semua pelanggan. Agar tim pemasaran dapat merencanakan strategi untuk memasarkan produk baru kepada konsumen sasaran yang sesuai dengan minat mereka.Downloads
Published
2023-12-31
How to Cite
Hadiwibowo, A. W. T. (2023). Analisis Segmentasi Pengunjung Mall Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 6(2), 42–51. https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i2.473
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.